Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali

Akhirnya menjajal juga layout baru jajalable dengan alamat barunya. *ahey* Review kali ini adalah sisa peninggalan saya di hari terakhir saya tinggal di Bandung *usap air mata* (dan ternyata tempat makannya punya banyak cabang di Jakarta juga #GAKSERU)


Cabang bandung ini baru dibuka setahun yang lalu (kalau tidak salah). Alamatnya di Jln. Karang Layung, Sukajadi, dekat dengan cafe Tree's (bukan Tree House lho ya). Tempatnya oke lho. Visual depannya pun memang menimbulkan kecurigaan bakal oke di dalamnya. (saya sempat melewati salah satu cabangnya ya di bilangan Jakarta, dan tampak suram dibandingkan dengan yang di sini - suram as in suram).

Tapi brosur daftar harga yang sengaja saya simpannya hilang. Jadi harga (dan beberapa nama makanannya) hilang deh. Maklumi ya. Baiklah, sebelum kita masuk ke main course, ada bagusnya kita intip cemilan cemilan pra hidangan utama kami.

Perkedel isi daging tapi duh saya lupa namanya. Lumayan sih, dagingnya jadi seperti baso. Tapi sejujurnya, aku lebih mencintai perkedel kentang apa adanya.

Sayur urap. Kurang bumbunya nich.

Kulit goreng. Better than the ones in Carrefour (sudah seharusnya memang).

Ayam Suwir.
Kata ibu saya, istri yang baik harus pintar menyuwir ayam. Jadi dipesanlah menu ini agar saya gak keluar enerji banyak.

Nasi Goreng Bali.
Kami agak bored dan merasa plain kalau makannya dengan nasi putih, jadi dipesanlah nasi goreng #sombong. Di dalamnya sudah ada sate lilit, sate non lilit, krupuk, telor dadar, dan hiasan standar nasi goreng yang biasa berakhir dibuang. Enyak :3


Nasi Putih. In case ada yang belum tahu nasi putih seperti apa, begini bentuknya.

Dan ini dia hidangan utamanya.
Sempat saya tanya: "Pesan ayam atau bebek ini?". Kata ayah saya: "Ya ayam dong!" Pertanyaan bodoh ya. Ayam Betutu ini dihadirkan dalam bentuk goreng, bakar, dengan berbagai macam pose: 1/4 ekor, 1/2 ekor, 1 ekor, 2 ekor langsung biar sweet juga bisa. Yang kami pesan ini yang 1/2 ekor versi Betutu bakarnya, harganya kurang lebih 35 ribu ++ sudah termasuk sayur plecing, kacang tanah, daaan sambal matah. Tiga side dishes ini dijual terpisah juga, sambal jenis lainnya pun juga dijual.

Dan tidak salah memang namanya AYAM BETUTU, karena hidangan ini pulalah yang paling membekas dibandingkan hidangan lainnya. Plus sambalnya sudah officially jadi favorit saya :(( Sambal bawang memang saya banget = tidak pedas tapi perih.

Conclusion: harga oke, tempat oke, sambal oke, cocok untuk pasangan yang baru dapat kerja. Moral hari ini: pesanlah menu sesuai nama tempat makannya.

8,05 out of 10
JAJALED!

No comments:

Post a Comment