Jong Ro: Korea Fusion Cake House


Menu makanan Jepang? Udah sering
Kalo Chinesse Food? Apalagi

Nah Kalo Korea?

J.A.R.A.N.G

Walaupun udah mulai menjamur beberapa restoran korea akhir2 ini, tp tetep variannya selain kimchee, bibimbap, dan berbagai BBQ beserta teman2nya, menu yang lain masih kurang begitu terdengar.

Apalagi untuk departemen kue2nya.

Beberapa minggu lalu, waktu gw 'nyasar' bareng wahyu dan iki di wijaya. Ga sengaja, kita bertiga nemu toko kue kecil ini. Dan lagi2, tempatnya misterius, ga keliatan bagian dalamnya. Cuma ada pintu dan jendela kaca yg semuanya ditutup foto2 kue dengan desain letak yg ga menarik. Cukup beruntung bentuk2 kuenya seru, dan kata 'kue' serta 'korea' udah seperti umpan empuk buat gw. Nyam.


Beberapa waktu yg lalu, gw sudah meneguhkan tekad buat masuk ke dalam toko tertutup itu. Gw bener2 penasaran sm kue asal korea. Walaupun, di spanduk jelas tertera "Korea Fusion Rice Cake", jadinya si kue mungkin ga otentik2 amat. Tapi yah, fusion ga fusion tetep gw penasaran. XD

Pas gw buka pintu:

*jegrek*

langsung tampak 3 wajah yg terkejut, seperti ga menyangka ada tamu datang. satu bapak2 yg gw curigai adalah sang owner asal korea, satu mas2 yg sibuk dengan beberapa bahan kue, dan satu mbak2 yg melayani.

Dibanding toko, tempat ini lebih mirip dapur. Displaynya aja ga ada, cuma ada meja kecil (yg lebih mirip counter dapur dari tegel) dengan beberapa jenis kue yg bs dihitung dengan jari. Sepertinya tempat ini memang bukan toko yg menjual dengan display seperti kebanyakan toko kue lainnya. Tapi memang diperuntukkan buat pelanggan2 tetap kelas kakap dengan partai besar.


Seperti yg tertera di spanduk, toko ini memang menyediakan kue2 terbuat dari tepung beras, seperti mochi. Cuma disediakan dalam tampilan dan rasa yang sangat bervariasi.

Kue yg kebetulan tersedia di meja kecil pas saya datang adalah: Beksulgi, Mujige, GyungDan, Injelmi, Yeongyangtuk dan Mochi (jangan tanya berapa kali gw bilang "hah?" Seperti bocah dungu tiap mbaknya menyebut nama2 asing itu)

Setelah dilema memilih kue yang ga banyak itu, si mbak menyarankan saya sekotak kue yg paling ga menarik bentuknya, namanya: Yeongyangtuk. Kata mbaknya kue ini paling digemari. Padahal GyungDan yang warna warni itu terlihat menarik sekali. Ya sudah, krn merasa awam (dan mochinya pun segede gaban) jadinya gw mengikuti saran si mbak, membeli sekotak kue yg terlihat seperti dodol warna warni diberi tepung.


Sampe rumah, bikin kopi dan siap jajal

Berhubung sekotak isi 6 dengan 4 rasa yg berbeda, jd gw sm wahyu main tebak2an rasa (yg paling gw inget cuma pink itu rasa stroberi kata si mbak)

Yg pertama gw coba yg ungu, tdnya gw kira ini rasa blueberry, krn si mbak sempet sekilas sebut2 rasa itu pas di awal gw nanya, tp ternyata..... rasa ketan item! Gw ga bohong, ini enak, rasanya bener2 literally ketan item, bukan cuma rasa ecek2 simbolik doang yang semodel ketan item cuma diambil sari2nya doang trus diceburin ke adonan. Tapi ini beneran berasa ketan item sejati.

Next si pink alias stroberi. Kalo lo bayangin stroberi bener2, ya rasanya jauh, tp lumayan enak dengan chunk buah2an serta kacang di dalamnya, lama kelamaan ada sedikit rasa asam-manis, yg kemudian meninggalkan after-taste agak pait seperti buah2 yg dikeringkan.

Yang berikut si hijau. Awalnya gw nebak ini rasa kacang ijo, tp begitu gw buka bungkusnya, ada seriwing2 aroma green tea... Dan yap, begitu gw makan ada aroma khas green tea yg menyeruak, dengan sedikit rasa pait herbal di after tastenya.

Terakhir, si kuning misterius.. Dari keempatnya, ini yg aromanya paling tajam, rasanya pun paling manis, tp si misterius ini tetaplah misterius. Karena gw ga bisa nebak ini sebetulnya rasa apa, antara kacang ijo, atau kacang tanah, atau mungkin buah2an kering.

Pada dasarnya, rasa kue2 ini mirip mochi, kenyal dengan tekstur serta rasa khas tepung beras. Cuma ditambah sedikit rasa2 dan potongan kacang, buah, ataupun bahan dasar varian rasanya (kayak si ketan item, masih ada sedikit2 rasa chunk ketan itemnya). Kemudian, instead of dibalur tepung, Yeongyangtuk justru dibalur kacang tanah yang dihaluskan. Kalo lo ga doyan kue2 yg kurang manis, mungkin sebaiknya melewatkan opsi kue2 ini. Tp kalo lo suka kue2 tradisional indonesia, you might wanna try... Rasanya ga jauh dari budaya kita :)


Aaaaaa makin penasaran sm si GyungDan

*ngetik sambil ngunyah*



macem2 kue Jong Ro
(yang No 5 itu si GyungDan)


menu box set Jong RO
(yang A-2 itu terlihat menarik yha?)


Location: Grand Wijaya Center Blok F No. 41
Score: 7.5 / 10
Harga: 1 Box 25.000 - 50.000 (ga dijual satuan)
untuk Gift Set 1 box 100.000 - 400.000


1 comment:

  1. hihi.. gw jg barusan coba.. ternyata itu dkt sama kantor gw dan gw ga menyadarinya... td nyoba song peon..dan tdnya mau beli gyung dna tp ga jd.. hiks.. skrng jd kepikiran gyung dan... krn si mbanya bilang ada rasa melon dan ketan item jg.. hiks.. mau gyung dan...

    ReplyDelete