Mie Yamien Toko You

Heyya!
Debut pertama nih, bikin review buat blog kuliner yang katanya lebih bergengsi dari The Jakarta Globe ini. Karena saya jarang ada di Jakarta, jadi makan yang di Bandung aja lah ya.

Hari itu lagi ga pengen makan nasi, dan pengen makan mie. Terpilih lah mie yamien di sebuah restoran bernama Toko You. Merasa asing dengan nama ini? Memang Toko You ini letaknya cukup tersembunyi. Ga ada plang-nya pula.
Terletak di jalan... hmm.. aduh.. naon nya eta? Nama jalannya? Yah pokoknya di samping RS Borromeus. Kalo dari Dago belok kiri. Tanya aja orang-orang di sekitar situ. "Punten, Kang/Teh, restoran Toko You dimana yah?". Kalo anda beruntung biasanya mereka tau, tapi kalo anda kurang beruntung, berarti anda kurang beriman.

Kebanyakan yang makan di situ adalah orang-orang asli Bandung yang memang sudah tahu tempat ini sejak bertahun-tahun lamanya. Restoran ini memang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Turis lokal maupun asing yang makan di sini biasanya atas dasar rekomendasi dan ajakan dari lokos-lokos Bandung (penduduk lokal maksudnya).

Toko You terkenal dengan mie yamien homemade-nya. Saya pun tidak mau ketinggalan memesan mie yamien. Mie yamien di sini disajikan dalam dua pilihan , manis dan asin. Saya memesan yang asin, sedangkan pacar saya memesan yang manis. Kebetulan hari itu lagi perginya sama pacar (cieee..). Sedangkan untuk toppingnya, ada beberapa macam pilihan, antara lain bakso sapi, pangsit kuah, pangsit goreng, bakso tahu, kalo mau yamien polos juga bisa, hanya pakai daging ayam cincang. Saya pesan yang pangsit kuah, si pacar pesan yang bakso tahu. Minuman ga usah pesen biar irit, di sini disediakan teh tawar hangat gratis dan free flow. Katanya sih di sini ada bir homemade yang enak, tapi belum sempat nyoba euy, nanti deh kalo udah nyoba saya review lagi.

Ini fotonya, punten pisan atuh euy, lupa bawa kamera, jadi deh pake kamera hp seadanya. Mana gelap pula. Hehe. Yang warnanya agak tua yamien manis, yang lebih muda yamien asin.





Yamien asinnya enaaak.. mie-nya kurus-kurus dan lembut (halah). Asinnya pas. Pokoknya enak, Yang manis agak terlalu manis (untuk dilupakan, kalo kata slank), tapi tetap enak sih. Bakso tahunya enak, sedangkan pangsitnya rada kurang euy, isi pangsitnya kurang yahud, agak-agak tawar gimanaaa gitu. Tapi kuah pangsit dan baksonya sedap, jadi rasa-rasa yang kurang okey bisa agak ter-cover.

Overall sih oke lah. 8 dari 10 untuk yamien asin dan 7,5 dari 10 untuk yamien manis. Teh tawar hangat rasanya sama aja di mana-mana. Kecuali kalo gelasnya baru dicuci, biasanya agak-agak rasa sunlight.

Untuk tempat sih, Toko You enak untuk ngobrol-ngobrol. Suasananya teduh dan serasa di rumah. Hanya kurangnya, restoran ini nampaknya penganut jargon PLN, hemat energi, PLN rugi, eh maksudnya hemat biaya. Jadi kalau malam hanya diterangi cahaya lilin di setiap meja. Terlalu gelap deh. Terus minyak yang dipake untuk membakar lilin baunya rada-rada mirip minyak tawon. Jadi selama makan, rasanya seperti ada orang lagi kerokan di samping anda.

Total damage : yamien asin pangsit kuah, 15.000 rupiah, yamien manis baso tahu 18.000 rupiah, total 33.000 rupiah saja.

Toko You? Yuuuk...

2 comments:

  1. mantap gan. top gan. debut yang menarik gan. PERTAMAX GAN. :D

    ReplyDelete
  2. huahahaha.. lucu banged kalimat2nya..
    teh rasa sunlight >> setuju banged... hahahaha..

    ReplyDelete